Jumat, 23 April 2010


ENIAC
1. sejarah eniac.

Jika selama ini Anda penasaran mengenai komputer elektronik digital pertama yang ada di dunia, maka ENIAC adalah jawabannya. ENIAC sendiri merupakan singkatan dari Electronic Numerical Integrator and Computer. ENIAC adalah komputer elektronik digital pertama di dunia, yang dikembangkan oleh ARMY ORDNANCE untuk menghitung tabel penembakan balistik pada Perang Dunia ke II.

ENIAC dikembangkan oleh John Mauchly dan J. Presper Eckert di Moore School of the University of Pennsylvania. ENIAC ini berbobot mati 30 ton, mempergunakan 200 kilo Watt daya listrik dan terdiri dari 18.000 tabung hampa udara, 1.500 relay, dan ratusan ribu transistor, kapasitor dan induktor.

ENIAC diselesaikan pada tahun 1945 dan diumumkan kepada publik tahun 1946. selain untuk keperluan balistik, ENIAC juga dipergunakan untuk ramalan cuaca, kalkulasi energi atom, studi sinar kosmis, studi bilangan acak, perancangan terowongan angin dan keperluan studi ilmiah lainnya.

ENIAC dapat melakukan operasi penambahan dalam 200 milidetik, perkalian dalam 3 milidetik, dan pembagian dalam 30 milidetik. Walaupun masih dalam bentuk yang sangat sederhana atau bahkan primitif oleh karenaukurannya yang luar biasa besar, namun ENIAC telah tercatat dalam sejarah dunia sebagaiKOmputer Elektronik Digital Pertama yang ada di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar